PENULIS

Peter Kasenda

Peter Kasenda, sejarawan yang aktif dan produktif ini lahir di Bandung, Jawa Barat. Ia menuntut ilmu di jurusan Sastra Perancis dan Sejarah pada Fakuktas Sastra—sekarang Ilmu Pengetahuan Budaya—Universitas Indonesia. Sejak masih mahasiswa sudah rajin menulis, baik itu berupa artikel maupun buku. Kiprah prestisius yang pernah ia lakoni adalah mengorganisasi penulisan buku The Non Aligned Movement Towards Next Millenium Volume II dan Volume III (1995). Dikerjakan dengan melibatkan lebih dari 50 penulis dan penerjemah selama 10 bulan. Buku yang biaya produksinya miliaran rupiah ini diluncurkan di Balai Sidang Senayan pada 16 Desember 1995. Kemudian diberikan kepada kepala pemerintahan 112 Negara Nonblok di Kartagena, Kolombia.

Cukup banyak tulisannya yang mengangkat topik seputar perjalanan hidup Sukarno, seperti Bung Karno dalam Pergulatan Pemikiran (1991), Soekarno, Sejarah, dan Nasionalisme (2003) Bung Karno tentang Marhaen dan Proletar (1999), Soekarno, Nasionalisme, dan Globalisasi (2002), dan Bung Karno: Panglima Revolusi (2013). Fokusnya dalam meneliti Nasionalisme dan Sukarno membuat dirinya sering diundang sebagai narasumber di banyak lembaga, termasuk media nasional.

Saat ini ia mengajar mata kuliah Nasionalisme, Bisnis, dan Politik; Filsafat Politik; Pemikiran Politik Indonesia; Ideologi Politik Kotemporer; dan Terorisme Internasional di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Dengan senang hati, Pak Peter, begitu biasa ia disapa, bertukar ilmu lewat surel peterkasenda@rocketmail.com atau melihat sekaligus mengomentari aktivitas dan tulisannya di www.peterkasenda.wordpress.com.