PENULIS

Walentina Waluyanti de Jonge

Walentina Waluyanti de Jonge, sejak kecil ia jatuh cinta dengan Sejarah Indonesia. Ia lahir di Makassar pada 30 Maret 1965. Ia menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Hukum di Universitas Hasanuddin kemudian melanjutkan kuliah di program studi Pendidikan Bahasa Belanda dan Pendidikan Manajemen di ROC Flevoland Nederland. Ia tinggal di Belanda bersama Jan de Jonge—suami—dan Kiki—sang Buah Hati.

Ibu satu anak ini bekerja sebagai dosen bahasa Indonesia di Volksuniversiteit Belanda sekaligus menjadi tenaga peneliti independen untuk lembaga-lembaga swasta di Belanda, terutama berkaitan dengan permasalahan sejarah dan budaya Indonesia.
Selain luwes dalam menggoreskan tinta lewat tulisan, Walentina juga luwes meliuk-liukkan kuas di atas kanvas. Tak jarang, ia menggelar pameran lukisan bertema Indonesia di Belanda. Ia juga gemar berburu dan mengoleksi berbagai buku, termasuk buku langka bertema sejarah Indonesia pada masa kolonial. Ia juga aktif menulis melalui website jurnalisme warga di http://www.kompasiana.com/walentina dan memiliki website pribadi di www.walentina.waluyanti.com. Buku yang telah ditulisnya berjudul Tembak Bung Karno Rugi 30 Sen dan Sukarno-Hatta: Bukan Proklamator Paksaan.